Langsung ke konten utama

#STMISII1UAS 03 - Instalasi Add On


Hallo semua, Postingan kali ini saya akan menjawab soal UAS Odoo yang mana pertama saya akan memberikan contoh untuk instalasi add on pada odoo, setelah itu saya akan memberikan penjelasan dan perbedaan tentang add on yang saya dapatkan. 

sebelumnya add on yang saya dapatkan dalam UAS odoo adalah:
1. HR Contract Hourly Rate - (HR)
2. Indonesia - Bukti Potong PPh Pasal 26 (F.1.1.33.08) - (Localization)
3. Indonesia - Partner Management Application - Contact Department - (Partner)

Dan di haruskan mengisi dan melengkapi bagian Technical Add On dan juga Link add on pada Google Spreadsheet yang bisa dilihat di Google Drive

*Note : semua langkah dalam tata cara install add on pada odoo sama, oleh karna itu saya hanya akan menjelaskan sekali dan selebihnya tentang add on yang saya dapatkan.

Langkah-langkah instalasi

1. klik link ini https://apps.odoo.com/apps/modules  untuk men download modul add on yang anda perlukan


search add on yang ingin anda download, pada contoh kali ini saya sedang mencari add on " HR Contract Hourly Rate - (HR) " setelah ketemu anda hanya tinggal mendownload nya.

2. Setelah add on terdownload dalam format .zip maka yang harus anda lakukan adalah meng ekstart file zipe tersebut dan setelah itu anda copy/cut ke dalam folder default odoo C:\Program Files (x86)\Odoo 8.0-20170302\server\openerp\addons  (setiap directory berbeda, anda dapat menyesuaikan directory pada saat anda mengistal odoo).



3. setelah file yang telah ter ekstrak di copy/cut, maka yang harus anda lakukan adalah mer restart service odoo dengan cara masuk ke dalam task manager (alt+ctrl+del) maka anda akan masuk ke dalam task manager, lalu pilih service -> cari odoo -> klik kanan dan pilih stop. maka service akan terhenti, setelah itu anda nyalkan lagi dengan pilih start


4. Setelah service odoo restart, maka anda dapat membuka localhost:8069 lalu masuk ke dalam database anda. setelah itu anda masuk ke setting -> pilih user -> pilih user admin -> edit -> centang ceklist "technical features" agar dapat meng install add on yang telah ter download. 
lalu pilih save, dan setelah itu pilih update module list dan klik update, maka modul akan ter update

setelah ter update buka local modul dan search add on yg telah anda download 
setelah itu anda hanya tinggal install add on tsb. nah itu dia cara install add on. setelah ini saya akan memberikan informasi tentang add on yang saya dapatkan.


HR Contract Hourly Rate - (HR)

Add on ini di gunakan pada saat dimana seorang pegawai mempunyai lebih dari 1 kontrak kerja. add on ini akan menghitung contract pegawai dalam format jam/bulan. untuk menggunakan add on ini anda harus menginstal modul Human Resource terlebih dahulu. dan ketika telah ter install  perbedaan terletak ketika anda akan membuat contrat kerja pegawai. 

gambar sebelum add on di install 

setelah ter install add on


Indonesia - Partner Management Application - Contact Department

Modul ini bertujuan memperluas fungsi manajemen kontak. Ini memungkinkan Anda untuk:
Menetapkan beberapa posisi kerja di perusahaan yang berbeda per kontak,
Tetapkan beberapa informasi tambahan seperti tanggal lahir dan kebangsaan. ketika modul terinstal akan terdapat modul baru yang bernama "partner" yang berguna untuk menyimpan data partner dalam bisnis anda

sebelum terinstal

setelah add on ter instal



 Indonesia - Bukti Potong PPh Pasal 26 (F.1.1.33.08)


Modul ini bertujuan untuk memberikan fungsi tambahan dalam persoalan pajak penghasilan berdasarkan pasal 26 di Negara Indonesia. guna membantu seorang akunan dalam menghitung jumlah pajak yang harus di bayar untuk Negara. 

sebelum terinstal, tidak ada modul yang bernama "taxform"

setelah terinstal terdapat modul baru pada menu bar dengan nama "taxform"


cukup sekian informasi yang saya dapat sampaikan semoga bermanfaat dan, apabila masih terdapat kekurangan ataupun kesalahan dapat memberikan komentar di post saya ini..

Terima Kasih :)






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 04 (B) - Instalasi DBVisualizer

Sebelum saya memberikan tutorial cara instalasi Dbvis, saya akan memperkenalkan terlebih dahulu apa dbvis karna menurut pribahasa tak kenal maka tak sayang, ya jd harus kenal dahulu dengan dbvis agar dapat memahami nya. DbVisualizer merupakan tools untuk database berbasis GUI. DBVisualizer bisa dijalankan secara multiplatform, dia bisa dijalankan pada sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux. Fitur utama yang dimilikinya adalah DBVisualizer ini mendukung berbagai jenis database seperti: Oracle, Sybase, SQL Server, PostgreSQL, DB2, Mimer SQL, Neoview, MySQL, Informix, JavaDB/Derby, H2, SQLite, NuoDB, dan Vertica.  untuk link download  Dbvis 1. download dbvis pada link yang telah di sediakan 2. setelah download maka jalankan program dbvis, lakukan penginstalan seperti biasa, dengan next saja. saya download dbvis with Java Vm.  setelah selesai lalu jalanakn dbvis.  maka akan muncul 3 tampilan sebagai berikut tampilan ini bertujuan untuk membu

Tugas 11 - Apa Itu Bizagi

Bizagi adalah software aplikasi bebas ( freeware ) yang dapat digunakan untuk membuat diagram, dokumen, dan melakukan simulasi dari suatu proses kerja ( workflow ) menggunakna notasi standar ( Business Process Modelling Notation ).   Software ini mempunyai dua aplikasi yaitu Bizagi Process Modeler dan Bizagi BPM Suite yang mana masing-masing software tersebut mempunyai model 32 bit dan 64 bit. Bizagi Process Modeler adalah aplikasi Freeware digunakan untuk diagram, dokumen dan mensimulasikan proses menggunakan Business Process Modeling Notation (BPMN) notasi standar.  link download:  http://www.bizagi.com/en/products/bpm-suite/modeler Bizagi BPM Suite adalah Business Process Management (BPM) dan solusi Workflow yang memungkinkan organisasi untuk mengotomatisasi proses / alur kerja. Ada edisi entry-level (Xpress Edition) dan dua edisi korporasi (Enterprise. NET dan Enterprise JEE). link download:  http://www.bizagi.com/en/products/bpm-suite/studio#downloadstudio cara in

Tugas 04 (D) - Cara Membuat Board pada Trello

Trello, hmm sepertinya saya sudah membahas tentang ini pada post sebelumnya, tapi pada post kali ini saya akan membahas yang lain nh, cara membuat board pada trello, board pada trello layaknya papan, yang mana board pada trello terbagi menjadi 3, yaitu: 1. To-Do pada board To-Do, digunakan untuk menaruh rencana kalian yang akan di kerjakan, 2. Doing pada board doing, digunakan untuk menaruh apa saja yang kalian sedang kerjakan 3. Done pada board done, digunakan untuk menaruh apa saja yang telah kalian sudah kerjakan. tiap2 board mengandung informasi yang berbeda beda maka dari itu trello sangat membantu dalam tugas kelompok yg mana setiap orang mempunya tugas yang berbeda-beda dan kita dapat mengontrol tiap2 orang dalam mengerjakan tugasnya. nah untuk lebih jelas cara menambhakan board trello caranya kalian masuk ke trello yang kalian sudah buat: buatlah board baru lalu isi sesuai yang ingin kalian berikan nama pada board tersebut. lalu klik create, setelah itu,