Langsung ke konten utama

Tugas 04 (A) - Cara menggunakan PgAdmin dan mengaktifkan developer mode pada Odoo


Hallo kali ini saya akan memberikan tutorial cara menginstal PgAdmin 3 dan menghubungkan ke dalam database odoo kalian, mengapa mesti PgAdmin??? karna Odoo mengunakan PostgreSQL sebagai database nya, that's why kita memakai PgAdmin. langsung saja ke inti dari postingan ini.

Langkah-langkah:

1. Download PgAdmin pada link berikut, (saya menggunakan PgAdmin3) PgAdmin3


2. File tersebut adalah Zip, sebelum di gunakan ekstak dahulu, setala itu klik Pgadmin3.msi maka akan muncul gamabar berikut





lakukan next hingga selesai, karna kita akan mengikuti instalasi secara default.

3. Setelah menginstal PgAdmin, kita harus mengubah Odoo kedalam developer mode terlebih dahulu. buka databse odoo yg ingin di gunakan. pada tahap ini saya menggunakan database STJ (Smp Teratai Jaya),


klik menu drop down yang terletak pada menu bar sebelah pojok kanan, lalu pilih about odoo


setelah di klik developer mode, maka odoo akan berubah menjadi developer mode. setalah itu kita buka pgadmin yg sudah terinstall dan menambahkan koneksi ke odoo

4. 
klik ikon yg di lingkari warna meraha maka akan muncul tampilan seperti di bawah

 masukan data, perlu di ingat data yg di masukan adalah data yg pertama kali saat menginstal Odoo. dari segi username, port dan password

setelah terisi, klik OK, maka akan muncul tampilan database pada Odoo yang telah di hubungkan


Postingan saya tentang Pgadmin dan cara menghubungkan ke odoo sampai disini, jika ada kesalahan mohon di berikan masukan, dan semoga postingan ini bermanfaat.
Terima kasih

Komentar

  1. thanks sangat membantu bro, btw yg lupa / gk tau passwordnya kaya saya, bisa di update dengan cara :

    masuk ke terminal
    ~$ sudo su postgres
    ~$ psql
    postgres=# \connect postgres
    You are now connected to database "postgres" as user "postgres"
    YOurDatabase_Name=# UPDATE res_users SET password='terserah' WHERE user = 'postgres';

    thanks

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 04 (B) - Instalasi DBVisualizer

Sebelum saya memberikan tutorial cara instalasi Dbvis, saya akan memperkenalkan terlebih dahulu apa dbvis karna menurut pribahasa tak kenal maka tak sayang, ya jd harus kenal dahulu dengan dbvis agar dapat memahami nya. DbVisualizer merupakan tools untuk database berbasis GUI. DBVisualizer bisa dijalankan secara multiplatform, dia bisa dijalankan pada sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux. Fitur utama yang dimilikinya adalah DBVisualizer ini mendukung berbagai jenis database seperti: Oracle, Sybase, SQL Server, PostgreSQL, DB2, Mimer SQL, Neoview, MySQL, Informix, JavaDB/Derby, H2, SQLite, NuoDB, dan Vertica.  untuk link download  Dbvis 1. download dbvis pada link yang telah di sediakan 2. setelah download maka jalankan program dbvis, lakukan penginstalan seperti biasa, dengan next saja. saya download dbvis with Java Vm.  setelah selesai lalu jalanakn dbvis.  maka akan muncul 3 tampilan sebagai berikut tampilan ini bertujuan untuk membu

Tugas 11 - Apa Itu Bizagi

Bizagi adalah software aplikasi bebas ( freeware ) yang dapat digunakan untuk membuat diagram, dokumen, dan melakukan simulasi dari suatu proses kerja ( workflow ) menggunakna notasi standar ( Business Process Modelling Notation ).   Software ini mempunyai dua aplikasi yaitu Bizagi Process Modeler dan Bizagi BPM Suite yang mana masing-masing software tersebut mempunyai model 32 bit dan 64 bit. Bizagi Process Modeler adalah aplikasi Freeware digunakan untuk diagram, dokumen dan mensimulasikan proses menggunakan Business Process Modeling Notation (BPMN) notasi standar.  link download:  http://www.bizagi.com/en/products/bpm-suite/modeler Bizagi BPM Suite adalah Business Process Management (BPM) dan solusi Workflow yang memungkinkan organisasi untuk mengotomatisasi proses / alur kerja. Ada edisi entry-level (Xpress Edition) dan dua edisi korporasi (Enterprise. NET dan Enterprise JEE). link download:  http://www.bizagi.com/en/products/bpm-suite/studio#downloadstudio cara in

Tugas 04 (D) - Cara Membuat Board pada Trello

Trello, hmm sepertinya saya sudah membahas tentang ini pada post sebelumnya, tapi pada post kali ini saya akan membahas yang lain nh, cara membuat board pada trello, board pada trello layaknya papan, yang mana board pada trello terbagi menjadi 3, yaitu: 1. To-Do pada board To-Do, digunakan untuk menaruh rencana kalian yang akan di kerjakan, 2. Doing pada board doing, digunakan untuk menaruh apa saja yang kalian sedang kerjakan 3. Done pada board done, digunakan untuk menaruh apa saja yang telah kalian sudah kerjakan. tiap2 board mengandung informasi yang berbeda beda maka dari itu trello sangat membantu dalam tugas kelompok yg mana setiap orang mempunya tugas yang berbeda-beda dan kita dapat mengontrol tiap2 orang dalam mengerjakan tugasnya. nah untuk lebih jelas cara menambhakan board trello caranya kalian masuk ke trello yang kalian sudah buat: buatlah board baru lalu isi sesuai yang ingin kalian berikan nama pada board tersebut. lalu klik create, setelah itu,