Langsung ke konten utama

Tugas 04 (B) - Instalasi DBVisualizer


Sebelum saya memberikan tutorial cara instalasi Dbvis, saya akan memperkenalkan terlebih dahulu apa dbvis karna menurut pribahasa tak kenal maka tak sayang, ya jd harus kenal dahulu dengan dbvis agar dapat memahami nya.

DbVisualizer merupakan tools untuk database berbasis GUI. DBVisualizer bisa dijalankan secara multiplatform, dia bisa dijalankan pada sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux. Fitur utama yang dimilikinya adalah DBVisualizer ini mendukung berbagai jenis database seperti: Oracle, Sybase, SQL Server, PostgreSQL, DB2, Mimer SQL, Neoview, MySQL, Informix, JavaDB/Derby, H2, SQLite, NuoDB, dan Vertica. 

untuk link download Dbvis

1. download dbvis pada link yang telah di sediakan
2. setelah download maka jalankan program dbvis, lakukan penginstalan seperti biasa, dengan next saja. saya download dbvis with Java Vm. 







setelah selesai lalu jalanakn dbvis. 

maka akan muncul 3 tampilan sebagai berikut

tampilan ini bertujuan untuk membuat koneksi 

tampilan ini di gunakan untuk mencari JDBC driver yg sudah terinstal pada laptop kita

 dan ini adalah tampilan utama pada dbvis

Langkah pertama kita harus  Add Connection (icon colokan listrik) agar tersambung dengan database kita.Lalu isikan username dan password sesuai dengan username yang ada pada saat kita menginstall Odoo.





Setelah data terisi, klik Ping Server untuk mengecek apakah tersambung atau tidak. Jika muncul pesan Sukses berarti database dapat disambungkan, lalu klik Connect.



Maka isi database pada Odoo pun akan muncul dan DbVis siap digunakan untuk mecari data yang kita inginkan dan mengubahnya melalui DbVis.
Nah sekarang kita akan menampilkan table yang ada pada modul kita. Kebetulan modul saya  Modul E-commerce yang memiliki hubungan dengan Sales dalam masalah Input Barang penjualan. Sebelumnya kita aktifkan dahulu Developer Mode pada Odoo agar dapat dilihat.

Penjelasan
Field : Nama field yang ada di database odoo tersebut
Object : Nama table yang ada di database odoo
Type : Type dari field
Sekarang kita telah mendapat objek mana yang mau kita lihat tablenya untuk menampilkan ERDnya.
Selanjutnya kita masuk ke DbVis yang sudah kita connect tadi, Klik tanda (+) pada "TABLE" lalu kita cari nama table sesuai object yang ingin kita cari.
Table yang saya ingin cari nama Objectnya adalah : product_product
Lalu kita cari table product_product

Ketika sudah ketemu, lanjut kita klik 2 kali lau pilih References

Tunggu beberapa saat karena loading memunculkan hirarki datanya




sekian penjelasan tentang DbVis



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 11 - Apa Itu Bizagi

Bizagi adalah software aplikasi bebas ( freeware ) yang dapat digunakan untuk membuat diagram, dokumen, dan melakukan simulasi dari suatu proses kerja ( workflow ) menggunakna notasi standar ( Business Process Modelling Notation ).   Software ini mempunyai dua aplikasi yaitu Bizagi Process Modeler dan Bizagi BPM Suite yang mana masing-masing software tersebut mempunyai model 32 bit dan 64 bit. Bizagi Process Modeler adalah aplikasi Freeware digunakan untuk diagram, dokumen dan mensimulasikan proses menggunakan Business Process Modeling Notation (BPMN) notasi standar.  link download:  http://www.bizagi.com/en/products/bpm-suite/modeler Bizagi BPM Suite adalah Business Process Management (BPM) dan solusi Workflow yang memungkinkan organisasi untuk mengotomatisasi proses / alur kerja. Ada edisi entry-level (Xpress Edition) dan dua edisi korporasi (Enterprise. NET dan Enterprise JEE). link download:  http://www.bizagi.com/en/products/bpm-suite/studio#downloadstudio cara in

Tugas 04 (D) - Cara Membuat Board pada Trello

Trello, hmm sepertinya saya sudah membahas tentang ini pada post sebelumnya, tapi pada post kali ini saya akan membahas yang lain nh, cara membuat board pada trello, board pada trello layaknya papan, yang mana board pada trello terbagi menjadi 3, yaitu: 1. To-Do pada board To-Do, digunakan untuk menaruh rencana kalian yang akan di kerjakan, 2. Doing pada board doing, digunakan untuk menaruh apa saja yang kalian sedang kerjakan 3. Done pada board done, digunakan untuk menaruh apa saja yang telah kalian sudah kerjakan. tiap2 board mengandung informasi yang berbeda beda maka dari itu trello sangat membantu dalam tugas kelompok yg mana setiap orang mempunya tugas yang berbeda-beda dan kita dapat mengontrol tiap2 orang dalam mengerjakan tugasnya. nah untuk lebih jelas cara menambhakan board trello caranya kalian masuk ke trello yang kalian sudah buat: buatlah board baru lalu isi sesuai yang ingin kalian berikan nama pada board tersebut. lalu klik create, setelah itu,